CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 18 Desember 2008

Asal posting aja..

Kali ini, aku mau cerita soal sekolah dan hal hal yang berhubungan dengan itu (inget, ini cerita, bukan ngebahas!). Aku pernah nanya ama temen aku yang sering bolos.

"Sekolah itu, kira kira buat apa si??" Dya cuma ketawa ketawa nanggepin pertanyaan aku.
"Sekolah ya, tempat buat belajar lah oneng!" jawabnya dengan menambahkan "oneng" dibelakang kalimat.

Nah, ekarang aku mau nanya lagi ama yang baca ni tulisan. Jadi, yang oneng itu syapa?? Aku, apa temen aku yang aku kasi pertanyaan tadi??Emang si, jawaban yang dya kasi singkat dan dangkal dan klasik. Tapi, apa ga (sangat) bodoh?? Dya bilang sekolah tu tempat buat belajar. Nah, trus kenapa dengan sekolah dya ga bisa belajar sama sekali. Disekolah kerjaannya cuma nonggkrong di kafe, maen Volly atau takraw, ga pernah masuk pelajaran yang dya anggap sepele, kecuali pelajaran Bu Euis tau pelajaran yang dimana Guru nya itu penting, Killer, atau bawel! Dya pernah bilang, setiap hari, dya bangun pagi, mandi, kesekolah, maen, trus pulang. Singkat dan hampa. Jadi, menurut aku si, orang orang yang kaya gitu, ga usah sekolah. Toh, dengan sekolah, dya ga dapet apa apa. Bayaran jalan, dimanfaattin ngga. Mubazir banget.



Bu Nunun, wali kelas aku waktu kelas sepuluh pernah bilang:"Hidup itu musti ada gunanya! Buat apa idup kalo cma bisa jadi sampah masyarakat? Sampah negara! Berangkat sekolah, pake seragam dikasi bekel uang jajan, bayaran pula. Tapi ga dimanfaatin. Mau jadi apa ntar?? Kalo pendapat ibu sih, mending uang bayaran nya dipake nyicil motor, ngojeg di pangkalan, untung nya di pake kawin!! Ntar anak nya juga ikut ikutan kaya gitu."Sekilas, ucapan diatas tidak terlalu menggugah dan agak sedikit kasar. tapi perhatiin de baik baik di kalimat terakhir. Kalo beneran kaya gitu, idup ga punya pendidikan, hina banget. Idup kita kaya gitu datar! Payah! Ga keren!!
Inget ga, dulu waktu kita masi kecil kalo ditanya mau jadi apa, pasti semangat bilang "mau jaadii dokter!!", "mau jadi guru..", dan bla bla bla. Sekarang?? tau deh.. Kalo masalah belajar, aku emang ga munafik kalo aku juga males. Tapi seengganya aku ga pernah menyepelekan guru manapun. Satu alasan klasik aku, nilai taruhannya. Tapi, setelah diperdalam lagi, sebenernya nilai itu ga perlu! Beneran, tapi yang bener itu, penyerapan di otak yang uda kita dapet. Karena pada dasarnya nilai itu cuma gambaran tentang sejauh mana kita menguasai suatu materi. Dan herannya, nilai bisa dipermainkan oleh guru manapun ke dalam bentuk materi. Gila kan?? Apa hubungan nya coba? (Guru ama murid sama aja.)



Aku punya temen, panggil aja si "M". Si M ini, kurang mahir waktu pelajaran Bahasa Inggris. Padahal di pelajaran yang lain dya lumayan mahir. Di waktu ujian semester, dya dapet nilai bahasa inggris yang terkecil dikelas. Dan pastinya, dya harus ikut remed kan?? Setelah menghubungi guru yang bersangkutan, bukannya memberikan jadwal peljaran tambahan, atau test lagi, itu guru malah nyuruh si M buat beli kue coklat yang di purimas. Dari bahasa inggris ke Kue?? Emangnya di pelajaran bahas inggris ada bab yang membahas kuliner?? kira kira percakapannya seperni ini:
"Pa, nilai saya dibawah standar. Mau remed."
"Aaaahh.. Ga usa remed. Bapak mah pengen Blackforest aja"
Otomatis Si M kebingungan. Mana dya anak kost-an. Rumah jauh, uang pas pasan. Emang si, Si M itu orang yang cukup berada, tapi kalau dya bilang ke ortu nya kalo ada guru kaya gitu, pasti lebih brabe lagi. Setelah kejadian itu, setiap pelajaran bahasa inggris, kita saling memberikan contekan biar si M ga kena remed (kalo emang dya ada soal yang dya ga ngerti, soalnya kita sekelas suka ngasi penjelasan lebih lengkap tentang pelajarannya dari pada contekan). Kenapa?? Setelah kejadian itu, ternyata guru tersebut emang biangnya masalah disetiap semester. Ada kakak kelas angkatan sebelum aku yang pernah kena remed waktu pelajaran bahasa inggris. Dan parahnya dya diminta dibelikan Mp4!! Gila!! Harga mp4 itu kan lumayan. Ckckckck... Ah, sudah cukup membicarakan kejelekan orang lain.



Mau ngomong apa lagi ya?? lupa..

Oh,kembali ke pembicaraan utama. Sebenernya inti permasalahnnya apa si? Aku juga ga tau. Tapi satu hal yang aku tau. Anak anak pada angkatan sekarang ngga punya kemauan sama sekali untuk membuat hidupnya lebih baik, berguna, atau pun membuat diri nya menjadi orang yang nomor satu tau terbaik untuk dirinya sendiri. Mereka termasuk temen temen aku (dan mungkin aku sendiri, ) tidak merasa bahwa dirinya itu berharga. Atau lebih tepatnya mereka belum menyadari. Sikap mereka yang acuh tak acuh, dan berbuat seenak hati nya membuat mereka merasa bahwa semua hal yang mereka lakukan itu adalah hal yang terbaik untuk mereka sendiri. Padahal salah besar!



Hmmmhh... kayanya aku cerita kemana mana. Ga lurus ya ama topik pembicaraan. Gapapa lah. hehehe... jadi ga nyambung. Kembali ke jalan kebenaran! Tadi tuh, ngebahas soal ketidak adanya kemauan untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik untuk dirinya sendiri ya?? OK, lanjut lagi. Waktu aku ikut pelatihan pembentukan kpribadian pemimpin, acara pramuka gitu. Sang pemimpin memberikan test kecil.



"Syapa yang mau uang, kedepan!" ucapnya semangat
".." yang lain hanya terdiam karena mereka menganggap itu hanya lelucon.
"Ayo, syapa yang mau?" ucapnya sambil mengeluarkan uang nya dari dompet. Dan uang nya pun cukup besar.
"Serius nih..." ujarnya meyakinkan. Tapi tetep aja ga ada yang mau maju kedepan. Beberapa menit berlalu sang pemimpin masih menwarkan uang yang ia keluarkan tadi. Kami pun semakin yakin, dya memang serius. Tapi tetep ta ada satu orang pun yang mau maju. Pada detik detik terakhir baru deh, seorang teman saya yang duduk di depan memberanikan dirinya mengangkat tangan menyimbolkan kesediannya untuk mendapatkan uang tersebut. Dan apa yang terjadi?? sang pemimpin benar benar memberikan uang itu pada teman saya tadi.
"Kalian semua bodoh!" ucapnya kesal, karena untuk memberikan uang sebesar itu membutuhkan waktu yang cukup lama. DAn tentu, melambai lambaikan uang selama itu cukup membuat tangan pegal.
"Kalian semua bodoh! Saya kasi uang segede gitu aja ga mau. Apalagi nanti kalo kalian uda jadi pemimpin! Uda jadi orang besar!" Dan aku pun memang langsung merasa bodoh (sangat). lumayan uang sebesar itu buat beli pulsa jatah satu minggu.
"Laagiiii..." seru anak anak.
"Ga ada kesempatan kedua! Makanya, tyap ada kesempatan, jangan nunggu direbut orang!"Setelah mengikuti Pelatihan tersebut, aku jadi sedikit tergugah (halah!). Didunia memang jarang sekali ada kesempatan kedua. Wuahh... Jadi nyesel, padahal lumayan buat ongkos pulang..


Tapi yasudalah.. Toh aku juga bukan anak yang bener bener manfaatin sekolah,.. Hehehe..

0 komentar: